Wednesday, September 26, 2007

Pelatihan Jurnalistik untuk Blogger

Untuk kali pertama, Indo Pos akan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik berbasis blog. Didukung LA Light, Indo Pos meluncurkan website dengan alamat http://www.blogJurnalistikOnLAin.com yang sudah bisa diakses mulai sekarang....

Sesuai namanya, blogjurnalistikonLAin adalah web untuk para blogger yang berminat belajar jurnalistik sekaligus berkeinginan untuk memiliki blog pribadi yang mudah, murah dan unik. “Idenya adalah agar menciptakan content blog yang baik melalui pengajaran jurnalistik secara gratis” jelas Joko Intarto, dirut Indo Pos, yang juga penggagas program.

Ada empat orang yang akan menjadi pengasuh blogjurnalistikonLAin untuk masa satu tahun ke depan. Mereka adalah Irwan Setiawan, pemimpin redaksi Indo Pos; Arief Adi Koeswardono, redaktur majalah Tempo, Ruli Kesuma, redaktur foto majalah Tempo dan Avon, Sekjen Komunitas Muda Telematika Indonesia (KOMTI).

Dengan empat pengasuh yang andal tersebut, para blogger diharapkan akan mendapat banyak ilmu bermanfaat seputar dunia jurnalistik. Selain mendapat teori yang cukup, juga akan mendapat sharing pengalaman lantaran semua pengasuh adalah praktisi yang berpengalaman di bidangnya.

Untuk keperluan diskusi dan berlatih, setiap blogger akan mendapat sebuah email address dan blogging storage dengan kapasitas 50MB. Untuk mendapatkan email adress, blogger harus mengikuti acara tatap muka yang akan berlangsung di 10 kampus pilihan.
Waktu pelatihan di setiap kampus hanya sehari dari pagi hingga petang, mulai 18 September mendatang. Setiap acara diakhiri dengan berbuka puasa bersama karena pelatihan juga menjadi acara ngabuburit di kampus-kampus.

Beberapa kampus yang terpilih adalah President University, Universitas Nasional, STMT Trisakti, Universitas Moestopo, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Sahid, Universitas Indonusa Esa Unggul, Universitas Pancasila, Universitas Paramadina, dan Universitas Mercu Buana.

Daftarkan diri Anda sekarang juga dengan menghubungi customer service Indo Pos di 021 536 99556 atau langsung mengisi formulir aplikasi yang ada di koran Indo Pos atau melalui website http://www.blogjurnalistikonLAin.com Panitia membatasi peserta hanya 50 mahasiswa di setiap kampus.(jto)





1 comment:

Anonymous said...

pada prinsipnya, setiap diri ada jurnalis, jika ia memerankan peran mewartakan berbagai kegiatan di sekitarnya secara rutin.

memang, ia bukan jurnalis dalam konteks profesional.

bagi saya, jurnalisme bukan monopoli para wartawan atau jurnalis, tapi juga siapapun. Termasuk, blogger. Jadi, tak salah jika blogger pun belajar jurnalistik.

Salam
www.kalipaksi.wordpress.com
ruang jurnalisme amatir