Tuesday, April 17, 2007

The 4th Broadcast Knowledge

Voice atau Binus Voice merupakan sebuah station campus radio Universitas Bina Nusantara yang legal, yang ditujukan bagi mahasiswa-mahasiswi Binus yang ingin mengembangkan bakat serta potensi yang dimiliki dalam bidang broadcast radio. Bertempat di Hall Lt. 8 Kampus Angrek, Binus, Kemanggisan, Jakarta Barat, mempersembahkan sebuah acara dalam rangka anniversary B.Voice radio yang menginjak usia 4th, dalam bentuk seminar bertajuk How to be a good Broadcaster pada sesi pertama dengan keynote speaker adalah Arie Untung (Presenter Gong Show Trans TV) dan Indie Barends dan Indra Bekti( Presenter Ceriwis trans TV), sekaligus membenah program acara ceriwis.

Acara yang dihadiri tak kurang dari 300 mahasiswa-mahasiswi yang tidak hanya dari Universitas Binus saja, namun dari berbagai perguruan tinggi swasta di Jakarta lainnya seperti dari Indonusa Esa Unggul, Trisakti, Atma Jaya, BSI dan lain sebagainya. Selain itu diantara para peserta yang notabenenya kebanyakan mahasiswa terdapat juga sebagian siswa-siwi SMU, yang sangat tertarik dengan acara tersebut.


Acara yang berlangsung dari pukul satu siang hingga pukul lima sore tersebut juga merupakah bagian dari salah satu bentuk promosi Universitas Binus, yang berencana pada akhir tahun ini akan membuka jurusan baru yaitu jurusan BROADCASTING. Semua itu disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan tersebut saudara David, mahasiswa fakultas ganda 2 jurusan yaitu Sitem Informasi & Manajemen, yang sekaligus menjabat sebagai station manager di B.Voice radio.
Arie Untung memulai seminar yang sebenarnya lebih terlihat sepert acara Talkshow itu memaparkan seluruh asam garam pengalaman hidupnya dalam meniti karir didunia broadcasting sebelum akhirnya mencapai posisi seperti sekarang ini. “ untuk mencapai seperti sekarang ini gue harus melalui proses yang panjang melalui ratusan kali casting, tapi gue ngga pernah putus asa dan terus mencoba, hingga akhirnya ya bisa diterima seperti sekarang ini”, ucap sarjana tehnik lulusan ISTN beberapa tahun silam tersebut.Menjelang sesi ke 2 acara semakin meriah dengan kehadiran Jimmy, mahasiswa Tri Sakti keluaran Popstar Anteve yang baru saja merilis album perdananya lewat lebel EMI tersebut makin menambah meriah acara. Hits-hits lagu yang bernuansa musik gabungan Pop dan R&B yang dilantunkan oleh penyanyi asal timur Indonesia itu membuat penonton terhibur.

Kehadiran keynote speaker presenter Indie Barends dan Indra Bekti adalah yang paling di nanti-nantikan. Semua itu terbukti dari suara histeris para audience ketika kedua presenter acara ceriwis itu memasuki ruang acara. Selama acara berlangsung para audience selalu dibuat tertawa dengan sikap kocak kedua presenter tersebut dan juga atas kekompakannya, namun acara pun berlangsung tetap kondusif dan efektif karena seluruh audience sangat antusias dalam menyimak seluruh pemaparan-pemaparan yang disampaikan oleh ke dua presenter tersebut.

“ Hal yang pertama-pertama harus kalian lakukan adalah tentukan dulu kalian ingin jadi apa.
Jika profesi entertainment atau presenter adalah pilihan hidup kalian,so...jalanilah dengan sungguh serta selalu ciptakan peluang untuk meraih semua itu, dan pastinya jangan lupa untuk berdoa” statemen Indie Barends tersebut mengakhiri acara tersebut. Acara pun berlangsung dengan sukses, dan semoga apa yang dilakukan B.Voice radio Binus dapat dijadikan contoh oleh kampus BSI, mengingat radio BSI yang telah lama tidak difungsikan, yang seharusnya dapat menjadi sarana bagi masisswa-mahasiswi BSI untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki dalam dunia broadcast radio, mengingat pula di kampus BSI tercinta ini terdapat Akademi Komunikasi dengan Broadcasting sebagai salah satu Jurusan yang telah cukup lama ada.
Ins/Jastis Al’farizy

No comments: