Tuesday, April 17, 2007

Jangan Baca Apalagi Menulis

STOP !!! Anda harus segera berhenti membaca tulisan ini. Jika Anda hanya membaca rangkaian huruf yang berbaris membentuk sebuah kalimat panjang tak berarti. Bisa jadi apa yang Anda baca ini menghabiskan waktu Anda yang berharga.

HATI-HATI !!? jika Anda membaca tulisan ini. Anda menghayati tanpa pernah mengamalkannya. Setiap yang Anda baca, Anda pahami namun terkadang Anda lupa apa yang pernah Anda yakini.

LANJUTKAN !!! bila Anda yakin tulisan yang Anda baca ini dapat merubah hidup Anda. Terlebih lagi hidup kita semua. Saya, Anda dan orang lain. Anda tidak sekedar membaca sebuah rangkaian huruf, namun serangkaian pemikiran, ide dan perasaan orang lain (Saya) melihat suatu hal.

Apa yang merubah seseorang untuk lebih baik ketika ia membaca sebuah tulisan? misal, ketika seorang ibu muda sedang belajar memasak dengan bantuan sebuah buku resep ditangannya. Kita dapati ia tidak hanya sekedar membaca, namun ia mendalami setiap kata disana dan segera mempraktekkannya. Ketika ia sudah mahir dengan resep tersebut, adakalnya ia bereksperimen, mencampur dan mengkombinasikan resep yang didapat dengan rasa dan kreasi.

Apa yang diperoleh ibu muda tersebut ? Sebuah kepuasan diri dan pengembangan akan rasa cipta dari kegiatan membaca dan mencoba. Sama halnya dengan kegiatan membaca –apa pun-, kerena prinsip kerjanya sama. Memahami apa yang dibaca, mempraktekan yang ditangkap, mengkombinasikan dan menyesuaikan dengan kepribadian hidup kita. Dan yang tak kala pentingnya Menulis kan ide kita.

Menulis disini bukanlah menulis seperti apa yang sedang saya lakukan (merangkai huruf menjadi kata) tapi lebih dari itu, menulis sebagai “Pengikat”. Huruf menjadi kata ibarat sekelompok kambing yang bebas berkeliaran dipadang rumput membentuk koloni tanpa tuan. Menulis adalah gembala yang siap menggiring kambing dalam sebuah kandang agar dapat diambil manfaatnya.

Tulisan ini adalah tulisan yang saya pahami dari membaca buku Hernowo dengan “Vitamin T”nya walau buku itu belum tuntas saya baca. pemikirannya menyadarkan saya akan makna ‘Membaca’, melihat sisi lain dari sebuah buku. Ini mengingatkan saya betapa bodohnya saya selama ini. Saya telah membuang waktu hidup saya dari kecil (tepatnya ketika saya sudah bisa membaca dan menulis) hingga saya membaca buku itu.

Betapa banyak waktu, tenaga, materi dan pengorbanan lainnya yang saya sia-siakan. Mungkin, bila saya dari dulu memahami hakikat dari Membaca-Menulis tentulah saya akan menjadi “Orang Hebat”. Sayangnya tidak, tapi tidak ada kata Terlambat !!.

Kenapa saya berkata seperti itu, tentu ada alasannya. Saya sependapat dengan Hernowo yang mengatkan “sudah saatnya kita ‘Mengikat Makna’ dari apa yang pernah kita baca.”. Orang hebat adalah orang yang belajar dan mengajar. Belajar dari apa yang ia baca, lihat, rasakan dan mengajarkan dengan praktek, mencoba dan mencatat.

Berapa banyak buku yang kita baca (terpaksa membaca) hingga sekarang, dari buku pelajaran sampai kamus yang menjemukan. Apa yang kita peroleh....? nihil. Karena kita hanya sekedar membaca dan menghapal apa yang tertera dari satu alenia kealenia lainnya tanpa memahami tujuan dari penulisannya.

Membaca adalah sebuah proses transformasi seseorang baik berupa fakta, ide, penelitian ataupun pendapat. Kesemuanya dituangkan dalam bentuk tulisan sebagai sarana komunikasi agar bisa dipahami oleh semua orang. Untuk memahami dan mengambil manfaat dari sebuah buku, kita perlu mencatat hal-hal yang penting yang menjadi dasar dari ide penulisannya, ini dilakukan setidak-tidaknya untuk mengikat agar tidak lupa apa yang telah kita baca dan dapatkan.

Manusia adalah mahluk yang bodoh, pelupa, dan selalu tergesa-gesa. Inginnya cepat selesai. Padahal tidak. Masih banyak hal yang bisa kita perbuat setelah membaca. Diantaranya dengan diskusi menggali makna diantara kata-kata, mencatat mengikat makna yang tergali, mengamalkan agar terus berkembang.

Jadi, JANGAN MEMBACA bila itu hanya membunuh waktu. JANGAN MENULIS bila itu hanya coretan yang menjemuhkan. Buatlah segala sesuatunya lebih baik dan bermanfaat.Ant#red

No comments: